September 5, 2010

Apa yang membuat kamu BESAR?

Hey guys, happy sunday!

Berikut adalah cerita tentang 'kebesaran' yang saya dapat tadi pagi dari salah seorang pemimpin ibadah. Apa yang membuat kamu BESAR?

***

Suatu hari di sekolah taman kanak-kanak dengan keceriaan anak-anak kecil yang masih polos. Kelas yang kecil tapi ceria dan terlihat ramai dengan hiasan gambar-gambar hewan di tembok kelas, hiasan kerajinan tangan yang bentuknya tidak tapi lucu, dan lainnya. Ibu guru mulai memasuki ruangan kelas dan mulai mengajar dengan kesederhanaan. Ibu guru bertanya kepada anak-anak tk tersebut yang masih polos.

"Anak-anak, apa yang membuat kamu besar?"

Kemudian anak-anak tk tersebut langsung berteriak spontan setelah melihat banyak gambar-gambar hewan yang ada di tembok kelas.

"Gajah, bu!!"

"Kupu-kupu, bu!!"

"Zeblaaaa, bu!!" *maksudnya zebra.

"Panda, bu!!"

Dan banyak hewan-hewan yang disebutkan lainnya. Ga nyambung memang dengan jawaban yang ditanyakan si guru itu sendiri. Tapi karena anak-anak dengan kespontanan dan kepolosan nereka menjawab seperti itu. Suasana kelas menjadi gaduh. Tapi ibu guru melihat ada 1 anak perempuan yang berbeda, ia tidak spontan menjawab pertanyaan, tapi ia hanya diam daritadi dan hanya duduk. Lalu ibu guru meghampiri si anak, Jessica.

"Jessica, kenapa kamu diam?" Ibu guru menunduk sambil tersenyum melihat wajah Jessica.

"Apa yang membuat kamu besar, Jessica?" Ibu guru bertanya lagi.

"Ngg..yang membuat aku besar adalah ibu." Jessica berbisik pelan.

"Kenapa?" Ibu guru bertanya penasaran.

"Karena ibu selalu datang setiap malam ke kamarku dan bilang 'aku sayang kamu'. Aku sayang ibu. Ibu yang tiap hari suapin aku, ibu yang selalu ajak aku main, ibu yang selalu ajarin aku membaca dan menghitung, ibu yang selalu mandiin aku. Semuanya ibu!" Jessica menjelaskan panjang lebar dengan kepolosan sambil tersenyum.

Ibu guru tersenyum, "Iya Jessica, Ibu kamu BESAR dan itu membuat kamu bisa BESAR seperti ini."

***

Apa yang kamu dapat dari cerita pendek tadi? Ternyata 'kebesaran' itu adalah kasih sayang dari seseorang kepada yang lainnya. Entah itu kasih seorang ibu, kasih seorang ayah, kasih seorang saudara, dan bisa saja kasih orang asing yang memberikan tumpangan di saat kita tak punya rumah, ban mobil kita bocor, atau semua orang yang punya 'kebesaran' itu.

Apakah kamu sudah memberikan 'kebesaran' kamu kepada orang lain?
Apakah kamu sudah memberikan kasih kepada orang lain?
Apakah kamu sudah mengucapkan 'aku sayang kamu' kepada orang yang kamu sayangi dengan tulus?

4 comments:

Dwi said...

Kasih sayang yang tulus akan memberikan kekuatan, dan kasih sayang sifatnya universal. salam kenal.

Deby Christi said...

thanks :) salam kenal juga

virgzhe_17 said...

kasih sayang bukanlah dari kata-kata, tetapi dari segumpal keinginan diberi pada hati yang memerlukan..
lam knal ya'

Deby Christi said...

salam kenal juga :)