June 9, 2013

Arisan vs kematian

Arisan dan kematian itu hampir sama. Sama-sama tunggu giliran siapa yang dipanggil duluan. Bedanya, kalau arisan maunya minta duluan bahkan berebutan biar dapat yang paling pertama, kalau mati gak ada yang mau minta duluan.

Mengerikan memang kalau bicara soal ini, tapi satu minggu kemarin ada hal yang membuat saya kembali berpikir tentang ini. Kematian pasti ada di setiap kehidupan manusia. Ada banyak hal yang kita takuti untuk mati bahkan beribu-ribu alasan untuk tidak mati dulu terkadang kita temui seperti ini:

Tuhan, jangan panggil saya dulu, saya belum kawin.
Tuhan, jangan panggil saya dulu, saya belum punya anak.
Tuhan, jangan panggil saya dulu, anak saya belum besar.
Tuhan, jangan panggil saya dulu, anak saya belum nikah.
Tuhan, jangan panggil saya dulu, saya belum dapat cucu.
Tuhan, jangan panggil saya dulu, cucu saya belum besar.
Tuhan, jangan panggil saya dulu, cucu saya belum nikah.
Tuhan, jangan panggil saya dulu, cucu saya belum punya anak.

Dan seterusnya...

Kita gak akan pernah tahu karena waktu bukan kita yang punya. Kematian dianalogikan seperti arisan. Pemainnya Tuhan dan para malaikat pencabut nyawa. Sudah ada nama-nama yang ditulis di kertas dan digulung lalu dimasukkan ke dalam wadah. Tinggal tunggu saatnya, Tuhan dan para malaikat akan mengambil salah satu kertas berisikan nama. Nama kita. Dan itu saatnya.

Kadang kita juga bingung kenapa harus kita duluan. Kenapa gak yang lain? Atau kenapa harus orang kita yang sayang dan cinta duluan? Kenapa gak kita yang duluan dipanggil? Semua terserah Tuhan.

Ada orang mati karena sudah berumur, ada yang karena sakit, ada yang karena kecelakaan, bahkan ada yang mati muda. Semuanya itu kita gak pernah tahu kapan saatnya dan alasan-alasan dibalik itu semua. Untuk yang mati muda misalnya, saya pernah baca begini:

Jadi jangan heran kalau ada orang yang baik tapi mati dalam umur yang relatif muda. Itu semua ada dalam rencana Tuhan, karena Tuhan tahu kalau orang baik ini dibiarkan hidup sampai lama suatu ketika orang ini akan terhilang. Jadi supaya jangan terhilang, orang-orang ini dipotong umurnya, cepat-cepat dipanggil Tuhan pulang.

1 comment:

Nuel said...

Kematian paling tragis, menurutku, saat Mozart meninggal. Meninggal di usia 30an akhir, saat karirnya lagi menanjak (tapi tetap saja miskin). Kasihan. Masih muda, sudah dipanggil. Tapi mungkin bagian dari rencanaNya kali yah? Harus berpulang juga, yah untuk kasih jalan buat musikus ternama lainnya - Beethoven.