December 22, 2011

Mama

Well, Selamat hari ibu untuk semua ibu hebat di dunia..!!

Jujur gue belum memberikan ucapan hari ibu ke nyokap. Dikarenakan nyokap gue pagi-pagi udah pergi nenangga (main ke rumah tetangga), jadi gak pas aja momentnya untuk bilang "Hai Maaaa..selamat hari ibu!" (sambil cipika cipiki dan peyuk peyuk ya). Gue juga gak merencanakan sesuatu yang special buat nyokap gue. Gak kepikiran aja gitu mau kasih apa. Bukan karena gue anak yang durhaka ya, eits itu mungkin terkadang, tapi bukan juga gue sebagai anak yang pelit. Gue gak memberikan sesuatu yang special ke nyokap karena nyokap itu tipe orang yang pemilih. Sangat pemilih banget ya (sampai sifatnya itu nurun ke gue). Nyokap adalah orang orang pemilih dalam banyak hal terutama barang. Entah itu yang mau dia pakai, yang dia beli, yang diberikan oleh orang lain. Jadi ya harus hati-hati sekali kalau gue dan kakak adik gue memberikan hadiah buat nyokap. Kalau dia gak suka, dia gak mau pakai. Susah juga ya. Daripada barang yang gue dan kakak adik gue berikan gak dipakai kan sia-sia juga gitu ya. Mending dikasih hadiah yang paling indah dan romantis aja ya, yaitu ciuman dan pelukan.

Sekarang timeline atau status orang-orang itu tentang hari ibuuu semua yaaa..Begitu juga gue gak mau ketinggalan. APTUDET dong gue! Bicara soal ibu, bunda, mami, mama, mimi (panggilan Krisdayanti dari anak-anaknya). Di keluaga gue dari dulu tidak begitu meng-special-kan suatu moment yang menurut orang lain itu special atau indah. Gue dan keluarga gak merayakan suatu hari yang menurut orang special. Contohnya hari ibu, pasti banyak dong yang memberikan hadiah special buat ibu mereka, tapi di keluarga gue sangaatttt jarangggg sekali. Dulu pernah, gue dan kakak adik gue memberikan hadiah special tapi percuma gitu gak dipakai juga sama nyokap, lagian buat kami sekeluarga hari special itu gak harus merayakan dan menunjukkannya dengan hadiah atau barang dalam bentuk fisik. Gue sekeluarga lebih ke tindakan. Yah walaupun tindakan itu sedikit samar-samar terlihat ya atau kadangkala ada yang gak nyadar bahwa sebenarnya tindakan itu merupakan suatu perhatian atau kasih sayang.

Itulah di dalam tradisi keluarga gue seperti itu. Eniwei gue memikirkan beberapa hal yang ada tentang nyokap gue yang ingin gue share di postingan kali ini secara sesuai juga kan ya sama tema, Mother's Days.

10 Hal tentang Mama :
1. Banyak sifat mama yang gak enakin banget (dan gue takut itu terjadi sama gue juga begitu gue jadi seorang ibu, gue perlu belajar). Gue gak perlu jelasin semua secara detailnya, karena gue takut kalian mempersepsikan nyokap gue salah hahaha. Biar bagaimanapun sejelek-jeleknya sifat nyokap, gue tetap sayang dan cinta. Seperti contohnya sifat sok bijaknya (kalo di depan orang luar tidak termasuk keluarga). Ini gue gak ngerti banget. Mungkin nyokap gue cocok kalo main sinetron gak perlu dicasting lagi.

2. Mama selalu minum berbagai jenis obat-obatan.Begitu juga kalo ditanya soal sakit dan obat. Dia punya banyak toples yang isinya obaaatt semuanya. Gue curiga dulunya nyokap pernah jadi apoteker atau jadi asistennya sinsei, atau pernah jadi tukang obat keliling. Tapi ya..gue yaaaakinnn banget ibu kalian semua juga begitu. Tau segala jenis obat. Kalau gue bilang ya, ibu itu punya profesi lain yaitu sebagai dokter. Buktinya nih, gue yakin banget kok ga cuma di keluarga gue aja yang alami, setiap ada anggota keluarga gue yang sakit, entah itu bokap, kakak, gue atau adik gue ada yang sakit. Coba siapa yang paling heboh atau ribet sendiri?! Ya, MAMA!
Makanya mama itu hebat bisa tau segala jenis obat.

3. Mama paling aneh sendiri kalo untuk urusan makan. Nih ya, coba bayangkan kalau di saat kalian lapar-laparnya trus di meja makan udah disediain makanan yang enak-enak, misalnya ikan goreng, ayam goreng, sayur asem, tempe tahu goreng, sambal teri, sambal terasi atau sambal goreng. Nyokap gue sama sekali gak menyentuh makanan itu semua. Nyokap gue lebih memilih makan telor ceplok atau mie rebus. Coba? Apa yang kurang gitu dari semua makanan yang enak dari yang udah tersedia di meja makan? Makanya nyokap gue selalu dibilang aneh, wong udah ada banyak makanan enak kok masih pilih makan mie rebus.

4. Mama itu tipe orang yang sangat grogi-an banget di depan orang. Nyokap gue gak bisa mengontrol cara bersikap dan berbicara di depan orang sehingga kalau kita lihat lebih terkesan berlebihan atau lebay, atau juga malah jadi canggung aneh-aneh gimana gitu. Makanya nyokap selalu jadi sasaran becandaan bokap yang suka iseng.

5. Mama itu boros. Nyokap gak bisa juga kontrol belanja, apapun yang gak penting sekalipun dibeli. Untungnya gue gak nurunin sifat nyokap yang satu ini. Lebih prefer ke adik gue yang nurunin sifat nyokap yang boros.

6. Mama adalah koki terpintar dalam memasak bakut atau babi chin (maaf ya gak halal) tapi buat kami yang yahhh keturunan cina udah luntur banyak, kami sangat suka sekali dengan makanan ini. Nyokap tuh paling juara kalau masak itu. Gak ada yang bisa tandingin. Sampai ada yang pernah bilang, babi masakan nyokap lebih enak daripada di restoran-restoran Chinese food. Emang bener sih. Gue rasa dia emang udah dapet resep masakan babi dari kakeknya yang emang dulu itu penjual sekba (masakan babi).

7. Mama itu paling reeepooooottttt kalo ada urusan keluarga. Repot sih boleh untuk sekedar membantu, tapi ini gak cuma repot membantu, lebih ke mencampuri urusan orang lain yah bisa dibilang kepo mauuuu tauuu aja hahaha dasar mama!

8. Siapa yang paling disayang mama? Jawabannya, adik gue. Adik gue anak terakhir satu-satunya laki-laki paling bungsu. Karena gue dan kakak gue adalah perempuan, yah jelas laki-laki satu-satunya adalah nomor 1 buat nyokap. Gue masih gak ngerti kalau di keluarga gue, anak laki-laki itu selalu di nomor satu kan oleh orang tua. Entah kenapa. Mungkin darah ayahnya lebih kuat. Ah masa? Gue juga meneketehe gitu. Bukan berarti yang perempuan gak disayang, tetap disayang, tapi yah tetep aja laki-laki nomor satu.

9. Mama itu suka teriak-teriak. Ah apa semua mama seperti ini? Semoga aja gak ya. Mama gak bisa gitu dalam 1 hari gak teriak. Pasti dan selalu ada aja teriakan yang bakal didenger sama kita sekeluarga.

10. Mama itu royal. Terlalu royal. Ini gue gak tau mesti suka atau tidak. Karena terkadang gue diuntungkan dengan sifat royalnya, tapi terkadang juga dirugikan. Royal karena mama membelikan sesuatu yang gue inginkan kalau gue gak mendapatkannya dari papa. Dirugikan kalau mama udah saking royalnya jadi boros dan terkesan gak bagus gitu, kalo uda royal banget nih trus kab beli macem-macem, trus boros, trus gue juga jadi lebih sedikit dikasih duit jajan kan bahaya juga buat gue.

Yah itulah 10 hal sifat nyokap. Tapi biar bagaimanapun. We love you, mama. Even, bad or good.

1 comment:

normasari said...

sosok mama emank yg paling hebat :)