September 30, 2011

Kalo aja nulis skripsi segampang blog-ing

Sebelum gue melanjutkan isi postingan ini secara detail, gue mau menjelaskan dulu. Gue mahasiswi jurusan Information System yang mungkin salah jurusan. Dan gue lagi proses menuju skripsi minor. Semester ini membuat gue parno gila-gilaan dengan 1 kata ajib, “Minor”. Kepanjangannya skripsi minor yaitu matakuliah wajib yang harus diikuti mahasiswa di jurusan kampus gue. Kalo gak bisa lulus minor yah ga bisa ikut skripsi mayor dengan konsep yang lebih luas lagi dan hasilnya akan menentukan mahasiswa lulus atau gaknya sebagai S.Kom. Gue dan teman-teman sedang '”on process” buat itu semua. Semoga lulus. Amin..
Gue akui gue adalah orang yang moody. Hidup berdasarkan mood. Baik atau buruk tindakan gue berdasar mood. Sedih memang makanya don’t try this at home. Sampai kerjain skripsi aja lagi males-malesan buat cari bahan. Uda sampai bab 2 (landasan teori) tapi cari bahan buat dijadiin teori dasar skripsi gue aja bingung harus mulai darimana, bingung harus cari kemana dimana. Lama-lama kayak lagu hitsnya Ayu Ting-Ting deh, “kemana..kemana..kemana ku harus mencari..dimana..dimana.dimana ku harus mencari..” Padahal dikasih libur lumayan banyak, tapi malesnya gue gak bisa dilawan lagi.
Niatnya mau cari bahan lewat media internet juga malah gak maju-maju. Malah browsing yang macem-macem atau malah buka tweetdeck dan kepikiran buat ngetwit kondisi gue saat itu.

Begitu gue setengah hati membuka buku-buku buat mencari bahan untuk bab 2 skripsi gue, kebanyakan buku yang ada menggunakan Bahasa Inggris semua. Ngeledek ini sih. Bahasa Indonesia aja males gue kutip apalagi Bahasa Inggris begini *lembar buku sembunyi tangan*. Akhirnya gue dapet sms dari temen sekelompok skripsi gue katanya dia uda menambahkan teori-teori di bab 2. Ah lega dengernya. Tapi semestinya sih gue juga tau diri dengan predikat gue sebagai penimba ilmu yang mungkin lho mungkin salah jurusan ini, seharusnya gue juga harus bisa melawan malas gue ini buat kebutuhan diri gue sendiri pastinya untuk lulus. LULUS. Itu aja.
Gue dengan santainya malah akhir-akhir ini lagi senang-senangnya blog-ing, ngepost tulisan-tulisan yang uda numpuk di kepala gue. Gak tau kenapa pas lagi nganggur ide-ide itu malah hanyut, tapi begitu gue seharusnya punya pekerjaan yang memang udah jadi tanggung jawab gue sebagai mahasiswa, ide-ide itu malah terus ngalir. Gak ada berentinya mikir tentang apa aja yang ada yang gue “lihat”. Gak juga jadi rajin nulis yang seharusnya sih nulis skripsi, tapi…yah begitulah. Gue juga jadi sangat rajin baca buku lagi, banyak buku yang gue beli akhir-akhir ini dan gue habiskan dalam waktu yang lumayan cepat dari biasanya gue melahap buku. Mungkin dari buku-buku tersebut gue jadi lebih greget juga buat nulis, terinspirasi dari “makanan” gue itu. Yang lagi gue baca sekarang ini Nasional.Is.Me nya Pandji. Bukunya kereeenn banget bisa buat kita makin cinta Indonesia dan ngasih tau banyak banget tentang dalem-dalemnya Indonesia. Kalian bisa juga download versi e-booknya. Kemarin baru mampir ke Gramedia Matraman dan cari-cari yang pas dan kebetulan buku itu yang gue dapet. Oya kemarin pas ke Gramedia Matraman, ada anak-anak TK-SD gitu mungkin kunjungan rekreasi sambil belajar, enak banget deh mereka seminar trus dikasih duit per anak sekitar 50rb Rupiah untuk dibelanjakan barang-barang yang mereka suka di Gramedia. Coba gue ikutan yah, tapi kayaknya udah jauh ketuaan. Umur boleh tua tapi muka masih imut gini :p
Kalo aja nulis skripsi segampang blog-ing.
Kalo aja nulis skripsi segampang ngarang cerpen waktu SD.
Kalo aja nulis skripsi segampang es em es di hape atau be be em di bebe.
Tapi nyatanya gue harus bangun, berdiri, dan bergerak bahwa gue mahasiswa yang harus lulus tepat waktu. Doakan gue selamat sampai tujuan ya :)

2 comments:

nuellubis said...

bener bangeeet semua yang lu tulis.... gw jug sering... niatnya mau nyari bahan buat skripsi, eh malah buka blogspot dulu... hadeeh.... :(

Hani Purwanti said...

waah,, sama kea saya itu kak.
kalo lagi males, males ngapa2in.
tapi kalo udah rajin dan banyak tugas, malah ngerjain yang kurang penting, yang pentingnya di undur2 terus,, bebebeh.. >,<

oh iya, salam kenal kak :)