September 5, 2012

Iseng-iseng musikalisasi puisi

Lagi iseng-iseng coba lagi musikalisasi puisi yang dipakai buat ujian Bahasa Indonesia SMA dulu. Fyi, musikalisasi puisi adalah kegiatan menyanyikan puisi total dengan memberi melodi, pola ritme, pemilihan jenis tangga nada, hingga pemberian rambu-rambu dinamik dan ekspresi pada puisi tertentu (sumber: smp-satu-cilacap.blogspot.com). Biasanya kegiatan menyanyikan puisi lebih menarik diterapkan pada sekolah-sekolah dan diminati mereka yang ingin menggunakan cara lain dari sekedar membaca puisi.

Dulu sempat susah juga buat iramanya waktu dapat tugas musikalisasi puisi. Tapi akhirnya jadi juga dan sukses :) Sebelumnya maaf kalo suara gitarnya sumbang, belum distem. Minta komentar, saran, kritik dll ya. Check it out.. 

Musikalisasi puisi "Jas Anti Korupsi" oleh F. Rahardi


Sumber: http://www.youtube.com/watch?v=6Czk7dYP-Vc&feature=plcp

Jas Anti Korupsi oleh F. Rahardi - 1983

jas anti korupsi dijahit dan ditambal
tepat di detik-detik proklamasi
harganya murah
berikut jimat dan dompet
diobral cuma sesurga
kau boleh mencicilnya kalau bisa
seleher demi seleher
sampai jantungmu kembung
di tanah kusir

note: berhubung puisinya bertema politik, jadi jangan tanya saya makna puisinya apa, karena saya juga gak tahu hahaha :D maklum saya buta politik.

Fyi lagi nih, F. Rahardi adalah seorang sastrawan dari Jawa Tengah. Pertama kali menulis puisi akhir tahun 1960-an. Karya-karyanya sudah banyak sekali dimuat di berbagai media. Dan ia juga memiliki blog pribadinya frahardi.wordpress.com. Saat ini ia menjadi redaktur tamu di Majalah Flona, penerbit Obor, dan kolumnis tetap di Kontan serta Business News. Buat kalian yang suka sastra bisa baca puisi-puisi beliau lengkap di blognya.

5 comments:

Claude C Kenni said...

Eits...suaranya not bad lho. Jadi inget film AADC hahaha...

Deby Christi said...

@Claude C Kenni : ah terimakasih byk byk :)

yulisetiawanadiningrat said...

wah jadi inget masa sma dulu , memetik gitar mengiringi teman-teman membacakan bait-bait puisi, dan sedikit bernyanyi sambil seraya berdendang, kalo mau tahu berita seputar jakarta, kulliner sama sepakbola datang aja
http://108jakarta.com/
datang dan masuk aja dulu, kalo ada yang menarik pasti ketagihan..hehehe
trerima kasih ya kalo mau berkunjung

sewa mobil di surabaya said...

bagus kok suaranya.. :D main gitarnya hebat.

iklan baris said...

bakatnya disalurkan donk.. hehehe