July 18, 2012

Suka duka nonton konser

Gue suka musik. Gak ada musik, gak bisa ngebayangin soundtrack apa yang cocok sesuai kondisi seseorang  (di film aja gituh! jangan bilang gue lebay). Kenal musik dari SD. Waktu SD langsung tahu loh band-band hits macam MLTR, Five, dll. Keren gak tuh? Dulu saking sukanya nonton video klip musik-musik gitu di tv, sampai gue tulisin satu persatu band-band yang bawain lagu-lagu enak buat selera gue. Trus gue cari deh kasetnya di toko kaset. Dulu 1 kaset kalo gak salah jaman gue SD masih 20 ribuan. Gak tahu sekarang. Jaman kaset udah semakin tersisihkan karena adanya CD apalagi tinggal download di inet. Kurang gampang apalagi coba?

Selain dengerin lagu, gue juga tertarik memainkan alat musik. Pertama kali banget tahu alat musik yah cuma 2. Pianika dan suling. Itu juga mainnya cuma lagu "Mengheningkan Cipta" lagu wajib kalau upacara. Setelah gue bergaul dengan saudara laki-laki gue yang bisa main gitar, gue mulai mencoba juga. Sepertinya asik! Apalagi kalau cewek main gitar kan terlihat keren dan istimewa (menurut gue, karena main alat musik itu gak mudah, dan harus punya niat banget, kalo cewek kan, maaf sering mood-mood-an kalo berlatih alat musik kecuali kalau memang dia udah punya talent yang terbukti banget jitu). 

Gue mulai belajar main gitar sewaktu SMP. Pertama hapalin chord dulu, main pelan-pelan, pindah-pindah fret dari yang satu ke yang lain, dannnn sampai genjreng-genjrengnya! Jangan tanya gue bisa melodi atau gak? Sudah pasti jawabannya tidak! Trus kalo buat setting senar juga gue bodoh. Gue cuma bisa chord-chord yang super standar aja. Tapi segaknya gue bisa sedikit eh maaf secuil main gitar udah lumayan lah, kalo lagi bosen, tinggal nyanyi-nyanyi dengan suara melengking sambil main gitar di kamar. Gue punya 1 gitar akustik dan 1 gitar elektrik, yg elektrik udah  jadi pajangan aja. Gak usah ngomong soal brand. Satu-satunya gitar yang gue sayangin cuma yang akustik karena hasil nabung dari duit jajan. Alat musik lainnya yang (sempat) gue pelajari adalah drum. Enak jedag jedug apalagi kalo lagi marah berasa banget kebuang emosinya hahaha. Gue sempat kursus drum 1 tahunan dan itu cuma dapet sertifikat beginner. Sebenarnya udah lanjut yang intermediet tapi gak sampai selesai yah jadi gak dapet sertifikat. Sekarang drum juga nganggur tuh!

KONSER. Ini hobi baru di bidang musik. Gue mulai suka pantau band-band apa aja yang mau manggung di Indonesia dari mulai kuliah. Kayaknya hidup gak lengkap selagi masa muda kalo gak nonton konser. Bukan buat keren-kerenan, tapi buat merasakan gimana euforia konser yang benar-benar nyata sampai bulu kuduk merinding nyimak dan dengar idola di atas panggung. Gue nonton konser baru-baru ini aja kok. Konser pertama yang gue tonton yaitu konser di JJF Maret 2010 kalo gak salah. Trus yang kedua Maroon 5! Sumpah gokil! Sebenernya yang gokil Adam Levine-nya! Ganteng parahhhh!! Itu kira-kira bulan April tahun 2011. Dan Oktober besok, Maroon 5 bakal balik lagi konser disini. Gue gak bisa nonton karena kekurangan budget! Yah mungkin harus ditahan dulu ngeliat cowok super ganteng. Konser ketiga, Katy Perry, bulan Januari 2012 lalu. Dan yang palin super duper sial, KONSER LADY GAGA(L) yang beneran gagal karena....hmmm kayaknya gak perlu diulang dibahas lagi ya. Padahal udah beli tiket tuh udah persiapan   1 tahun sebelumnya. Tapi yaudahlah. Konser-konser yang termasuk kategori kecil lainnya paling band-band lokal kayak Maliq and D'essentials, Nidji, Slank, EndahNRhesa, Tompi, Yovi Nuno, Glenn Fredly, Paling sering sih Maliq and D'essentials.

Banyak kejadian unik waktu nonton konser. Pertama kali nonton waktu JJF 2010. Berasa norak (jangan munafik yang baru pertama kali nonton :p). Berasa pingin nyanyi tapi gak begitu hafal lirik trus pingin joget tapi masih jaim. Lah gimana tuh? Apalagi kalo JJF kan festival tuh jadi berasa pingin semua ditonton padahal gak cukup waktu. Waktu mau nonton Glenn Fredly aja nih karena beliau artis senior yang men-Indonesia, jadi yah himpitan-himpitan masuk ke hall manggungnya. Padahal yakin pasti luas tuh, tapi karena banyaknya orang, gak sanggup deh. Jadi keluar lagi, daripada gak lucu mati terhimpit gara-gara mau nonton konser. Dan itu pengalaman yang poll banget deh, baru tau kalo nonton konser emang jadwalnya pasti sampai pulang malam. Sampai ke rumah sekitar jam 2 pagi! Terbayar kok! Daripada disuruh ke diskotek joget-joget dan minum-minum, amit-amit kalo kenapa-kenapa sampai subuh!

Konser yang paling hardcore waktu nonton Slank di Jfair kemarin. GILA! Gue berasa dikelilingi sama orang-orang hmm.. maaf gue gak enak nyebutnya disini. Intinya kayak ngefly nikmatin aksi manggung Slank. Slankers-slankers gokil!!! Tapi salut aja sama mereka banyak yang datang dari jauh-jauh daerah jauh-jauh hari cuma buat liat idolanya manggung. Itu bener-bener fans sejati menurut gue! Yang gue penasaran mulanya  nonton Slank karena saudara gue selalu nyuruh gue nonton konser Slank katanya gokil. Nyatanya berlipat ganda gokilnya. Bendera Slank dimana-mana. Moshing dimana-mana. Semprotan air biar pada gak kepanasan. Penonton yang ganti-gantian minta digendong di pundak sambil melambai-lambai dan tentunya semuaa bernyanyi. Layaknya tersulap semuanya waktu di Jfair kemarin. Saking hebohnya, antusias, agresif dll deh para penonton, gue jadi sedikit takut. Takut-takut kecopetan, takut-takut amit-amit ada yang pura-pura ngeraba. Hiyyyyy!! Parno sumpah! Tapi yah kalo kita mikirin negatifnya mulu kapan bisa nikmatin di saat yang ada. Sampai-sampai Slank-nya sering bilang sendiri kok. "AWAS COPET!!". Dan gue yang lagi asik nyanyi juga buru-buru mepetin rapat serapat-rapatnya tas gue!

Nonton konser yang santai tuh genre musik Jazz. Sedikit lebih santai dan bisa swing swing sendiri kepala. Alunan yang santai, gitar yang garing, semua pas dibawa dan dinikmati! Gue buka tipe orang yang asal nonton konser cuma ikut-ikutan aja atau biar terlihat keren. Gue suka artis dan musiknya yah gue tonton. Kalo kurang suka yah jangan nonton atau ditahan dulu, daripada duit abis dan gak bisa santai nontonnya. Karena 2 mega konser Maroon 5 dan Katy Perry yang memang artis yang gue suka banget, jadi yah gue rela berkorban banyak untuk keduanya. Untuk Lady Gaga? Itu juga sama. Tapi semesta belum mengijinkan menontonnya.

PARTNER NONTON. Kalo ditanya siapa partner nonton konser yang enak. Yah myself dong. Selain itu mungkin kakak gue. Karena kebetulan selera musik gue dan dia hampir sama lah. Pokoknya gak mau tahu, kalau Adele konser di Indonesia, harus kudu wajib nonton! Atau gak yang lagi ditunggu, Glee. Gosipnya sih mau datang. Semoga *finger crossed*. Pernah waktu gue nonton Maroon 5, ada penonton samping gue laki-laki yang kayaknya terpaksa banget deh tuh nonton karena ceweknya suka Maroon 5. Gimana gak coba? Kita semua teriak-teriak karena kagum trus nyanyi-nyanyi sambil berdiri, eh dia cuma duduk, nyanyi juga gak! Mungkin dia sedikit syok kali gue nyanyi sambil teriak disampingnya. Trus ada juga penonton lain yang nonton pakai dresscode yang ribet banget kesannya jadi gak santai kayak mau catwalk aja di panggung. Mana pakai high heels lagi. Maaf ya, bukan gue sentimen saya pemakai high heels. Tapi kan pakai high heels ada waktu dan tempatnya yang cocok. Gue sih takut aja kakinya keseleo pas lagi lompat-lompat kegirangan dan histeris liat Adam Levine keluar dari backstage. Ada lagi, ini emang salah gue dan kakak gue sih. Gue nonton konser band lokal dengan mengajak saudara gue yang masih abg labil dari daerah yang gak suka dengan begituan. Makanya bawaannya ngerasa bersalah banget. Takut kan dia bosan trus jadi ngambek. Kita lagi asik nonton konser, dia cuma diam nunduk gitu. Nah lho? Mau gimana coba? Akhirnya dengan cueknya gue lanjut terus nontonnya hahaha..

Yah, seperti itu sih suka dukanya. Mari lanjut nonton konser lagi!

2 comments:

Claude C Kenni said...

Satu2nya konser yg pengen gua tonton tuh konsernya Michael Jackson...sayang udah meninggal...belom ada penyanyi laen yg segitu gua sukanya sampe pengen nonton konser T.T

nuel said...

Kalau gue jauh lebih suka dan pengen nonton bola, sayang belum nemu momen dan duit yang pas... :P