May 7, 2012

Haruskah bangga dengan Indonesia?

Beberapa waktu lalu ada penyelenggaraan Miss Indonesia 2012. Gue mikir, kenapa ya dari dulu yang ditampilkan atau disorot di publik selalu yang cantik-cantik? Kenapa gak ada yang beda, buat kek seperti Miss fat, Miss waria, atau miss miss lainnya. Kan unik dan entertaining juga. Mereka yang gendut atau waria juga banyak yang cantik. Terus gue mikir lagi, apa semua kontestan Miss Indonesia itu selain cantik ada isinya? Maksud isi disini ya cerdas. Pintar mungkin banyak. Tapi kalau cerdas? Cerdas itu juga yang berkelas bukan tentang pendidikan ataupun ekonomi.

Kemarin sempat nonton Miss Indonesia 2012 di tv. Kebetulan penasaran juga mau lihat teman SD yang ikutan dan jadi salah satu kontestan. Dan setelah melihatnya, waw apa dia masih inget ya sama gue, sama hal-hal kecil tentang gue yang pernah nempel sebentar di ingatannya waktu SD dulu? Semoga menjadi famous tidak menjadikan ketinggian hati buat mereka para kontestan. Gue berharap pula buat teman gue itu. Melihatnya ada yang beda, hmm..kayak bukan yang gue kenal dan dekat waktu jaman-jamannya SD dulu. Terlihat dari perawakan sangat dewasa dan matang sekali. Gue ngaca, kayaknya gak ada yang beda secara 180 derajat dari diri gue. Begini-begini aja.

Udahan ah curhatnya. Dalam acara tersebut, sayangnya teman gue gak lolos. Tapi gue yakin untuk yang gak lolos itu juga cukup bangga dengan hadirnya mereka menjadi hampir sebagai Miss Indonesia 2012. Si MC bilang juga kalo Miss World 2013 akan diselenggarakan di Indonesia tepatnya di Bali pada bulan September 2013. Waw lagi! Haruskah bangga dengan Indonesia? Kebetulan juga yang menang sebagai Miss Indonesia kemarin ini kan kontestan Bali. Pas kan ya? Diperkirakan mungkin, Ines Putri Tjiptadi Chandra (Miss Indonesia 2012, atlet golf) ini akan diikutsertakan ke dalam ajang kontes kecantikan dunia Miss World 2013. Katanya sih beliau akan memperkenalkan budaya-budaya Indonesia ke mata dunia lewat ajang ini. Mari kita buktikan aja nantinya seperti apa.

Kenapa Bali yang dipilih? Kenapa gak Jakarta? Mungkin karena macetnya. Kenapa gak Sumatera? Sulawesi? Atau lainnya. Entah. Tapi menurut gue sih, karena Bali satu-satunya provinsi di Indonesia yang mau berkembang dan membuka diri dengan dunia luar. Gak kayak orang-orang di Jakarta, kebuka dikit aja heboh demo dimana-mana, buka-bukaan dikit aja demo, konser Lady Gaga yang jelas berseni dianggap memuja setan pula. Apalagi itu?! Jelas-jelas setiap sebelum konser, Lady Gaga bikin tanda salib lambang umat Tuhan agar konser berjalan lancar, apanya yang pemujaan kepada setan? 

Back to the topic. Bali yang dipilih ya mungkin menurut gue kan ya orang-orang disana juga banyak yang berhubungan dengan orang-orang asing dalam kehidupan sehari-harinya. Mereka juga gak aneh lagi kalo ngeliat bule telanjang kemana-mana. Ya setau gue sih di ajang Miss World pasti kan ya ada yang pakai bikini tuh kontestannya. Jadi pasti aman-aman aja gak bakal di demo ketika penyelenggaraan berlangsung. Itu pemikiran secara manusiawi atau sempit gue ya? Yang gue tanyakan lagi, akankah kontes Miss World ini bakalan tetap didemo kalo ada di Bali dengan para kontestan yang mungkiiinnnn akan berbikini? Kita lihat nanti....

Sebagai warga negara yang baik, gue tentunya bangga. Bangga Indonesia sebagai tempat penyelenggara ajang bergengsi ini. Ya, pastinya gue bangga karena orang asing masih percaya akan negara kita ini yang beberapa tahun lalu tepatnya di Bali terkena teror bom dari teroris-teroris sinting. Gak gampang lho membalikkan kepercayaan orang lagi. Dan selain itu, budaya-budaya kita yang sangat kaya ini juga bisa dikenal lebih dalam lagi oleh dunia. Nice!

Bakal ada peserta dari 132 negara dengan jangkauan siarang hingga 170 negara. Dan nantinya ajang ini akan disiarkan oleh MNC grup sebagai pihak yang menayangkan acara Miss World 2013 September tahun depan. Sepanjang periode 2000-2001, Miss World berlangsung di 5 kota dari 4 negara berbeda. 3 penyelenggaraannya di London, Inggris, 5 kali di Sanya China, 2 kali di Johannesburg Afrika Selatan dan masing-masing 1 kali di Sun City Afrika Selatan dan Warsawa Polandia.

Kita tunggu di tahun 2013 nanti ya, jadi penasaran berjejer gadis-gadis cantik di Bali!

1 comment:

nuel said...

selain itu, image Bali di mata dunia juga wonderful.... Bali is more famous than Indonesia, right? :P